LPPM Unand – Sabtu 17 Oktober 2020, Pusat Pengembangan Bisnis Teknologi di bawah Sains Techno Park Universitas Andalas (STP Unand) bekerjasama dengan DILO Padang menyelenggarakan webinar series 12, dengan tema “Kemasan Efisien dan Menarik untuk Produk Anda”. Kegiatan ini dilakukan online via aplikasi Zoom Meeting dengan link :
https://us02web.zoom.us/j/84701069382?pwd=ZlZIRSs5Uk8xVUtOMThzMGJYWXc4Zz09
Kegiatan ini menghadirkan narasumber Rakmatniwa, SKM. Selaku manajer operasional dikemas.com dimulai pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB. Sebanyak 185 peserta yang tergabung dalam webinar online ini terdiri dari berbagai instansi, UMKM, Wirausaha, dan pemerintah daerah khususnya di Sumatera Barat.
Memulai webinar ini, Dr. Eka Canda Lina, SP., M.Si selaku Ketua STP Unand, dalam sambutannya mengatakan “Kemasan merupakan hal yg penting. Ada yang bilang dont judge book by it’s cover. Namun, pada produk justru covernya yg sangat menentukan.”
Acara dibuka oleh Dr. Ir. Ing. Uyung Gatot S. Dinata, MT selaku Ketua LPPM Universitas Andalas. Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Ketua LPPM mengatakan “Acara ini adalah sesuatu yang luar biasa dan penting. Banyak sekali disebut, banyak sekali dipermasalahkan bagi kebanyakan orang untuk kemasan produk. Bagi orang-orang yang sudah mengerti, sudah paham bahwa ini kemasan tidak ada masalah.”
Lebih lanjut, Dr. Ir. Ing. Uyung Gatot S. Dinata, MT mengatakan, “Kebanyakan usaha tidak kuat dalam kemasan”. Ketika kemasan menjadi persoalan yang kuat, menentukan konsumen jadi atau tidak membeli suatu produk.”
Seperti kita ketahui, Sumatera Barat adalah kawasan yang menyediakan berbagai macam bentuk olahan makanan. Mirisnya, beberapa olahan masih dipasarkan tanpa memperhatikan kemasan yang menarik, sehingga harga jualnya pun juga masih rendah. Akan berbeda apabila produk yang dimiliki dikemas dilengkapi dengan kemasan yang cantik, menarik. Maka akan meningkatkan harga dari produk itu sendiri.
Sebenarnya, dalam dunia usaha, sebagai pelaku bisnis,UMKM, dituntut bukan saja menjual suatu produk, melainkan harus berfikir bagaimana estetika dari produk yang ditawarkan. sehingga mampu menambah harga dan daya saing, akhirnya konsumen lebih tertarik untuk membeli.
Saat ini, peluang market terbuka lebar, jika dahulu, sebelum zaman teknologi berkembang, pelaku usaha kesulitan dalam memasarkan suatu produk. Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologipun ikut berkembang pesat.
Pelaku usaha punya kesempatan yang sama dalam memasarkan produk. Memanfaatkan teknologi yang saat ini menyediakan fasilitas secara online. Tinggal bagaimana pelaku usaha bisa sekreatif mungkin terhadap produk yang dipasarkan.
Mengutip penyampaian narsumber, Rakmatniwa, SKM. “Tiga kunci Kemasan, yaitu dilihat, dipegang, dan dibeli.
Harapannya, semoga webinar yang diselenggarakan memberikan manfaat untuk para UMKM, pelakuk usaha dalam meningkatkan daya saing. Baik manfaat yang bisa dirasakan setelah acara ini selesai dilaksanakan, maupun untuk masa mendatang. Sehingga pelaku usaha bisa menciptakan produk yang unggul dan berdaya saing secara nasional, dan internasional hendaknya.
Laporan : Hamsiah LPPM Unand
Editor : Gading Rahmadi LPPM Unand