Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai dari program IbKIK Pembibitan Itik LokalSumatera Barat di Universitas Andalas adalah mengembangkan usaha pembibitan danbudidaya itik petelur dan pedaging dengan sistem pastura yang memiliki keunikan,berdaya saing tinggi, menguntungkan dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi sumberpembangkitan pendapatan (income generating) bagi Universitas Andalas. Targetkhusus yang ingin dicapai adalah terwujudnya unit usaha pembibitan dan budidaya itikLokal Sumbar dengan sistem pastura yang memenuhi skala ekonomis di SumateraBarat, menyediakan bibit (anak itik umur sehari dan itik dara) hasil seleksi denganharga kompetitif dan memenuhi standar bibit itik sesuai dengan kebijakanKementerian Pertanian. Selain itu juga akan dihasilkan telur konsumsi, telur tetas,telur asin dan pupuk organik dari kotoran itik. Metode yang digunakan untukmencapai tujuan tersebut adalah dengan mengembangkan sistem pembibitan danbudidaya itik Lokal Sumbar (itik Pitalah dan itik Bayang) dengan sistem pasturebreeding. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 s/d 2019 adalahpengadaan itik Lokal Sumbar dara calon pembibit, baik induk betina, maupun itikjantan terseleksi dan unggul. Itik calon pembibit (induk dan pejantan) dilakukanseleksi secara terstruktur dengan menggunakan Teknologi Pemuliaan Ternak danmanajemen pembibitan ternak unggas. Seleksi itik bertujuan memilih calon indukdengan performa unggul. Itik hasil seleksi dipelihara dengan sistem pastura di kandangUPT Fakultas Peternakan untuk menghasilkan berbagai produk, yaitu anak itik umursehari (day old duck, DOD,) itik dara, telur tetas, telur konsumsi, telur asin dan pupukorganik dari kotoran itik. Proses penetasan telur menggunakan mesin tetas otomatisdengan tujuan untuk menghasilkan anak itik yang seragam dalam jumlah banyak.Produksi bibit sesuai standar Budaya Ternak Itik Pembibit yang Baik (Good BreedingPractises) menurut Ketentuan Ditjen Peternakan. Selain itu, juga akan dihasilkan teluritik untuk konsumsi dan telur asin. Kegiatan pemasaran dilakukan secara efektifdengan memanfaatkan kerjasama dengan poultry shop yang ada di Kota Padang,dengan minimarket, penjualan secara langsung dalam bentuk outlet di UPT FakultasPeternakan dan jalur pemasaran e-marketting berbasis website dan facebook. Untukproduk itik bibit, maka target konsumen yang dituju adalah peternak itik di SumateraBarat dan Dinas Peternakan Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat. Sedangkan untukproduk telur konsumsi dan telur asin, target konsumen yang disasar adalah konsumenrumahtangga, para pedagang martabak, perajin pembuatan kue, serta dosen, tenagakependidikan dan mahasiswa Universitas Andalas yang berjumlah sekitar 27.000orang. Luaran yang akan dihasilkan adalah artikel ilmiah pada jurnal internasional,telur bibit, anak itik, itik dara, induk itik dan telur asin.Kata kunci: pembibitan, seleksi, itik Lokal Sumbar, dan telur asin.